Senin, 13 Februari 2017

Cara Memperbaiki Hardisk Yang Rusak Berbunyi


Cara Memperbaiki Hardisk Yang Rusak Berbunyi

Masalahkah ketika hardisk tiba-tiba menimbulkan bunyi aneh? tentu saja masalah. Namun lebih masalah lagi ketik kita tidak mengetahui untuk memperbaiki hardisk yang bermasalah tersebut. Khususnya jika didalam hardisk tersimpan data-data penting
Hardisk merupakan salah satu element vital dalam komputer. Persis bagaikan jantung pada manusia.  Oleh karenya, kerusakan seperti apapun, mesti segera ditangani agar komputer tetap berjalan dengan optimal.
Cara memperbaiki hardisk yang rusak berbunyi pada dasarnya sama dengan memperbaiki kinerja perangkat komputer lain yakni dengan memastikan, mengecek secara sistem, baru kemudian harus diiringi keberanian untuk membongkar.
piringan-hardisk
Berikut beberapa cara memperbaiki hardisk yang rusak berbunyi, namun sebelumnya ada beberapa tips untuk memastikan kerusakan sebelum melangkah pada tindakan berikutnya.

Pastikan Keadaan Hardisk 

Sebelum mencoba memperbaiki hardisk yang rusak tentu saja harus mendeteksi dan memastikan dulu keadaan sebenarnya hardisk komputer kita. Adapun caranya bisa dilakukan dengan beberapa hal di bawah ini:
1. Komputer menunjukkan tanda-tanda tidak biasa terutama pada suara mesin. Mesin komputer berbunyi keras apalagi sampai terdengar melengking.
2. Komputer mengalamai loading lama atau sangat lambat ketika digunakan. Hal ini disebabkan hardisk yang tidak terbaca dengan sempurna.
3. Dalam kondisi hardisk parah, komputer bahkan tidak bisa masuk ke Windows untuk digunakan.
4.Hardisk yang sama sekali rusak tidak terdeteski apabila dicek melalaui BIOS, walaupun hardisk tersebut dalam keadaan terpasang
Jika hal-hal di atas telah terjadi, tidak ada salahnya kita mengambil tindakan cepat dengan cara membackup data alias mencadangkan data di tempat lain untuk menghindari hilangnya data saat hardisk benar-benar tidak bisa digunakan.
“Ingat data penting anda lebih berharga dari hardisk itu sendiri..”.
Adapun cara membackup data yang baik di antaranya adalah sebagai berikut :
1. Backup data manual ke flash disk atau eksternal hardisk. Hindari membackup data di hardisk yang sama meskipun memang terbagi menjadi drive yang berbeda seperti drive C, D, dan E. Namun ingat, ketiganya masih terdapat pada hardisk yang sama. Jadi, usahakan cadangkan data kita di tempat lain selain hardisk kita yang jelas sedang bermasalah.
cara memperbaiki hardisk yang rusak berbunyi backup data
2. Anda juga bisa menggunakan jasa cloud server gratis dan otomatis. Jasa penyimpanan data gratis seperti google drive juga akan sangat bermanfaat untuk data yang kita miliki. Agar lebih menghemat waktu dan penyimpanan data lebih rapi, maka usahakan untuk mencadangkan data secara rutin ke cloud server seperti google drive.
3. Gunakan hardisk dengan sistem RAID 5 agar menjaga hardisk tetap aman. Dengan sistem ini jika salah satu hardisk mengalami kerusakan atau mati, maka 3 hardisk lainnya akan menjaga data agar tetap utuh.

Cara Memperbaiki Hardisk yang Rusak Berbunyi

Beberapa cara memperbaiki hardisk di bawah ini bisa dilakukan jika hardisk sudah dipastikan benar-benar mengalami kerusakan. Jadi jika masih merasa ragu dan tidak bersedia menerima resiko, maka hal pertama yang harus dilakukan ketika mengalami gejala hardisk rusak adalah dengan membawanya ke tempat servis komputer terdekat.
Beberapa cara memperbaiki hardisk yang rusak itu di antaranya adalah :
1. Bongkar hardisk dari komputer kemudian masukkan ke tas kantong statik dan tutup rapat.
2. Masukkan hardisk yang sudah di dalam kantong statik ke dalam lemari es sekitar 20 menit hingga satu jam.
3. Keluarkan dan keringkan dengan cara dilap dan dijemur.
4. Masukkan dan rakit kembali ke dalam komputer.
Jika sudah terpasang, hidupkan komputer dan lihat apakah hardisk bisa bekerja normal atau tidak. Jika cara diatas tidak berhasil, mengganti hardisk dengan yang baru adalah solusi terbaik.

Demikian beberapa cara memperbaiki hardisk yang rusak berbunyi yang patut kita coba. Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar