Senin, 06 Maret 2017

Mengurutkan data dalam rentang atau tabel

Mengurutkan data dalam rentang atau tabel

Penting: Artikel ini adalah terjemahan mesin, lihat penafian. Temukan versi bahasa Inggris artikel di sini sebagai rujukan Anda.
Pengurutan data adalah bagian integral dari analisis data. Anda mungkin ingin menyusun daftar nama dalam urutan abjad, menyusun daftar tingkatan inventaris produk dari tertinggi ke terendah, atau mengurutkan baris menurut warna atau ikon. Pengurutan data membantu memvisualisasikan dengan cepat dan memahami data Anda dengan lebih baik, menata dan menemukan data yang Anda inginkan, dan akhirnya membuat keputusan yang lebih efektif.
Catatan: Untuk menemukan nilai tertinggi atau terendah dalam rentang sel atau tabel, seperti 10 nilai tertinggi atau 5 penjualan terendah, gunakan FilterOtomatis atau pemformatan bersyarat.
Untuk informasi selengkapnya, lihat memfilter data dalam rentang atau tabel Excel, dan menambah, mengubah, menemukan, atau menghapus format bersyarat.

Apa yang ingin Anda lakukan?

Mempelajari tentang pengurutan
Mengurutkan teks
Mengurutkan angka
Mengurutkan tanggal atau waktu
Mengurutkan menurut warna sel, warna font, atau ikon
Mengurutkan menurut daftar kustom
Mengurutkan baris
Mengurutkan menurut lebih dari satu kolom atau baris
Mengurutkan menurut sebagian nilai dalam kolom
Mengurutkan satu kolom dalam rentang sel tanpa memengaruhi yang lain
Pelajari selengkapnya tentang masalah umum pengurutan

Mempelajari tentang pengurutan

Anda bisa mengurutkan data menurut teks (A ke Z atau Z ke A), angka (terkecil ke terbesar atau terbesar ke terkecil), dan tanggal dan waktu (terlama ke terbaru dan terbaru ke terlama) dalam satu atau beberapa kolom. Anda juga bisa mengurutkan menurut daftar kustom (seperti Besar, Sedang, dan Kecil) atau menurut format, termasuk warna sel, warna font, atau rangkaian ikon. Sebagian besar operasi mengurutkan adalah mengurutkan kolom, tapi Anda juga bisa mengurutkan menurut baris.
Kriteria mengurutkan untuk tabel Excel disimpan dengan buku kerja sehingga Anda bisa menerapkan ulang pengurutan untuk tabel tersebut setiap kali Anda membuka buku kerja, tapi kriteria mengurutkan tidak disimpan untuk rentang sel. Jika Anda ingin menyimpan kriteria mengurutkan sehingga Anda bisa menerapkan ulang pengurutan secara berkala saat Anda membuka buku kerja, ada baiknya Anda menggunakan tabel. Ini sangat penting untuk multi kolom atau pengurutan yang membutuhkan waktu lama untuk dibuat.
Saat Anda menerapkan ulang pengurutan, hasil yang berbeda mungkin muncul karena alasan berikut:
  • Data telah dimodifikasi, ditambahkan, atau dihapus dari rentang sel atau tabel kolom.
  • Nilai yang dikembalikan oleh rumus telah berubah dan lembar kerja telah dihitung ulang.
Atas Halaman

Mengurutkan teks

  1. Pilih kolom data alfanumerik dalam rentang sel, atau pastikan sel aktif tersebut berada dalam kolom tabel yang berisi data alfanumerik.
  2. Pada tab Data, di grup Urutkan & Filter, lakukan salah satu hal berikut ini:
  3. Untuk mengurutkan dalam urutan naik alfanumerik, klik Perintah A ke Z di Excel yang mengurutkan A ke Z atau angka terkecil ke terbesar (Urutkan A sampai Z).
  4. Untuk mengurutkan dalam urutan turun alfanumerik, klik Perintah Z ke A di Excel yang mengurutkan dari Z ke A atau angka terbesar ke terkecil (Urutkan Z ke A).
Secara opsional, Anda bisa melakukan pengurutan berdasarkan huruf besar/kecil:
  1. Pada tab Data, di grup Urutkan & Filter, klik Urutkan.
    Grup Urutkan & Filter pada tab Data
  2. Di kotak dialog Urutkan, klik Opsi.

    Kotak dialog Opsi Urutkan muncul.
  3. Di kotak dialogOpsi Urutkan, pilih Kapitalisasi huruf.
  4. Klik OK dua kali.
  5. Untuk menerapkan kembali pengurutan setelah mengubah data, klik sel dalam rentang atau tabel lalu, pada tab Data, di grup Urutkan &Filter, klik Terapkan Kembali.
Masalah: Memeriksa semua yang data disimpan sebagai teks    Jika kolom yang ingin Anda urutkan berisi angka yang disimpan sebagai angka dan angka disimpan sebagai teks, Anda harus memformatnya sebagai teks. Jika Anda tidak menerapkan format ini, angka yang disimpan sebagai angka diurutkan sebelum angka disimpan sebagai teks. Untuk memformat semua data yang dipilih sebagai teks, pada tab Beranda, di grup Font, klik Format Font Sel , klik tab Angka lalu, di bawah Kategori, klik Teks.
Masalah: Menghapus semua spasi awal    Dalam beberapa kasus, data yang diimpor dari aplikasi lain mungkin memiliki spasi awal yang disisipkan sebelum data. Hapus spasi awal sebelum Anda mengurutkan data. Anda bisa melakukan ini secara manual, atau Anda dapat menggunakan fungsi TRIM.
Atas Halaman

Mengurutkan angka

  1. Pilih kolom data numerik dalam rentang sel, atau pastikan sel aktif akan ada dalam kolom tabel yang berisi data numerik.
  2. Pada tab Data, di grup Urutkan & Filter, lakukan salah satu hal berikut ini:
  3. Untuk mengurutkan dari angka rendah ke angka tinggi, klik Perintah A ke Z di Excel yang mengurutkan A ke Z atau angka terkecil ke terbesar (Urutkan dari yang terkecil ke terbesar).
  4. Untuk mengurutkan dari angka tinggi ke angka rendah, klik Perintah Z ke A di Excel yang mengurutkan dari Z ke A atau angka terbesar ke terkecil (Urutkan dari yang terbesar ke terkecil).
Masalah: Memeriksa semua angka yang disimpan sebagai angka    Jika hasilnya tidak seperti yang Anda harapkan, kolom mungkin berisi angka yang disimpan sebagai teks dan bukan sebagai angka. Misalnya, angka negatif diimpor dari beberapa sistem akuntansi atau angka yang dimasukkan dengan tanda kutip awal (') disimpan sebagai teks. Untuk informasi selengkapnya, lihat Memperbaiki angka yang diformat sebagai teks dengan menerapkan format angka.
Atas Halaman

Mengurutkan tanggal atau waktu

  1. Pilih kolom tanggal atau waktu dalam rentang sel, atau pastikan sel aktif akan ada dalam kolom tabel yang berisi data tanggal atau waktu.
  2. Pilih kolom tanggal atau waktu dalam rentang sel atau tabel.
  3. Pada tab Data, di grup Urutkan & Filter, lakukan salah satu hal berikut ini:
  4. Untuk mengurutkan dari tanggal atau waktu terlama atau terbaru, klik Perintah A ke Z di Excel yang mengurutkan A ke Z atau angka terkecil ke terbesar (Urutkan Terlama ke Terbaru).
  5. Untuk mengurutkan dari tanggal atau waktu terbaru atau terlama, klik Perintah Z ke A di Excel yang mengurutkan dari Z ke A atau angka terbesar ke terkecil (Urutkan Terbaru ke Terlama).
  6. Untuk menerapkan kembali pengurutan setelah mengubah data, klik sel dalam rentang atau tabel lalu, pada tab Data, di grup Urutkan &Filter, klik Terapkan Kembali.
Masalah: centang tanggal dan waktu disimpan sebagai tanggal atau waktu    Jika hasilnya tidak harapan Anda, kolom mungkin berisi tanggal atau waktu yang disimpan sebagai teks bukan sebagai tanggal atau waktu. Untuk Excel untuk mengurutkan tanggal dan waktu dengan benar, Semua tanggal dan waktu dalam kolom harus disimpan sebagai nomor seri tanggal atau waktu. Jika Excel tidak mengenali nilai sebagai tanggal atau waktu, tanggal atau waktu yang disimpan sebagai teks. Untuk informasi selengkapnya, lihat mengonversi tanggal yang tersimpan sebagai teks menjadi tanggal.
Catatan:  Jika Anda ingin mengurutkan menurut hari dalam seminggu, format sel untuk memperlihatkan hari dalam seminggu. Jika Anda ingin mengurutkan menurut hari dalam seminggu tanpa memperhatikan tanggal, konversikan menjadi teks dengan menggunakan fungsi TEXT. Namun, fungsi TEXT mengembalikan nilai teks, dan sehingga operasi pengurutan akan berdasarkan data alfanumerik. Untuk informasi selengkapnya, lihat Mengurutkan tanggal sebagai hari dalam seminggu.
Atas Halaman

Mengurutkan menurut warna sel, warna font, atau ikon

Jika Anda telah memformat rentang sel atau kolom tabel secara manual atau bersyarat menurut warna sel atau warna font, Anda juga bisa mengurutkan menurut warna ini. Anda juga bisa mengurutkan menurut rangkaian ikon yang Anda buat dengan menerapkan pemformatan bersyarat.
  1. Pilih kolom data dalam rentang sel, atau pastikan sel aktif tersebut berada dalam kolom tabel.
  2. Pada tab Data, di grup Urutkan & Filter, klik Urutkan.
    Grup Urutkan & Filter pada tab Data
    Kotak dialog Urutkan akan muncul.
  3. Di bawah Kolom, dalam kotak Urutkan menurut, pilih kolom yang ingin diurutkan.
  4. Di bawah Urutkan Pada, pilih tipe pengurutan. Lakukan salah satu hal berikut ini:
    • Untuk mengurutkan menurut warna sel, pilih Warna Sel.
    • Untuk mengurutkan menurut warna font, pilih Warna Font.
    • Untuk mengurutkan menurut rangkaian ikon, pilih Ikon Sel.
  5. Di bawah Urutan, klik tanda panah di samping tombol lalu, bergantung pada tipe format, pilih warna sel, warna font, atau ikon sel.
  6. Di bawah Urutan, pilih bagaimana Anda ingin mengurutkan. Lakukan salah satu hal berikut ini:
    • Untuk memindahkan warna sel, warna font, atau ikon ke atas atau ke kiri, pilih Di Atas untuk pengurutan kolom, dan Di Kiri untuk pengurutan baris.
    • Untuk memindahkan warna sel, warna font, atau ikon ke bawah atau ke kanan, pilih Di Bawah untuk pengurutan kolom, dan Di Kanan untuk pengurutan baris.
      Catatan: Tidak ada susunan urutan warna sel, warna font, atau ikon default. Anda harus menentukan urutan yang diinginkan untuk setiap operasi pengurutan.
  7. Untuk menentukan warna sel, warna font, atau ikon berikutnya yang diurutkan, klik Tambahkan Level, lalu ulangi langkah tiga sampai lima.
    Pastikan Anda memilih kolom yang sama di kotak Lalu menurut dan Anda membuat pilihan yang sama di bawah Urutan.
    Terus ulangi untuk setiap warna sel, warna font, atau ikon tambahan yang ingin disertakan dalam pengurutan.
  8. Untuk menerapkan kembali pengurutan setelah mengubah data, klik sel dalam rentang atau tabel lalu, pada tab Data, di grup Urutkan &Filter, klik Terapkan Kembali.
Atas Halaman

Mengurutkan menurut daftar kustom

Anda bisa menggunakan daftar kustom untuk mengurutkan dalam urutan yang ditentukan oleh pengguna. Sebagai contoh, kolom mungkin berisi nilai yang ingin Anda urutkan menurut, seperti Tinggi, Sedang, dan Rendah. Bagaimana cara mengurutkan agar kolom yang berisi Tinggi muncul terlebih dulu, diikuti dengan Sedang, lalu Rendah? Jika Anda mengurutkan menurut abjad, pengurutan "A ke Z" akan meletakkan Tinggi di bagian atas, tapi Rendah akan muncul sebelum Sedang. Jika Anda mengurutkan "Z ke A," Sedang akan muncul terlebih dahulu, dengan Rendah di tengah-tengah. Terlepas dari urutan, Anda pasti ingin "Sedang" ada di tengah-tengah. Dengan membuat sendiri daftar kustom, Anda bisa mengatasi masalah ini.
Selain daftar kustom, Excel menyediakan daftar kustom bawaan, daftar kustom hari dalam seminggu dan bulan dalam setahun.
  1. Opsional, buat daftar kustom:
    1. Dalam rentang sel, masukkan nilai-nilai yang ingin Anda urutkan, dalam urutan yang diinginkan, dari atas ke bawah. Misalnya:
      A
      1
      Tinggi
      2
      Sedang
      3
      Rendah
    2. Pilih rentang yang baru Anda masukkan. Menggunakan contoh sebelumnya, pilih sel A1:A3.
    3. Klik tab File, klik Opsi, lalu klik kategori Tindak Lanjut.
    4. Di bawah Umum, klik Edit Daftar Kustom.
    5. Di kotak dialog Daftar Kustom, klik Impor, lalu klik OK dua kali.
      Catatan: 
      • Anda bisa membuat daftar kustom hanya berdasarkan nilai (teks, angka, dan tanggal atau waktu). Anda tidak bisa membuat daftar kustom berdasarkan format (warna sel, warna font, atau ikon).
      • Panjang maksimum untuk daftar kustom adalah 255 karakter, dan karakter pertama tidak boleh dimulai dengan angka.
  2. Pilih kolom data dalam rentang sel, atau pastikan sel aktif tersebut berada dalam kolom tabel.
  3. Pada tab Data, di grup Urutkan & Filter, klik Urutkan.
    Grup Urutkan & Filter pada tab Data
    Kotak dialog Urutkan akan muncul.
  4. Di bawah Kolom, di kotak Urutkan menurut atau Lalu menurut, pilih kolom yang ingin Anda urutkan menurut daftar kustom.
  5. Di bawah Urutan, pilih Daftar Kustom.
  6. Di kotak dialog Daftar Kustom, pilih daftar yang diinginkan. Menggunakan daftar kustom yang Anda buat dalam contoh sebelumnya, klik Tinggi, Sedang, Rendah.
  7. Klik OK.
  8. Untuk menerapkan kembali pengurutan setelah mengubah data, klik sel dalam rentang atau tabel lalu, pada tab Data, di grup Urutkan &Filter, klik Terapkan Kembali.
Atas Halaman

Mengurutkan baris

  1. Pilih baris data dalam rentang sel, atau pastikan sel aktif tersebut ada dalam kolom tabel.
  2. Pada tab Data, di grup Urutkan & Filter, klik Urutkan.
    Grup Urutkan & Filter pada tab Data
    Kotak dialog Urutkan akan muncul.
  3. Klik Opsi.
  4. Di kotak dialog Opsi Urutkan, di bawah Orientasi, klik Urutkan kiri ke kanan, lalu klik OK.
  5. Di bawah Kolom, dalam kotak Urutkan menurut, pilih baris yang ingin diurutkan.
  6. Untuk mengurutkan berdasarkan nilai, lakukan hal ini:
    1. Untuk nilai teks, pilih A ke Z atau Z ke A.
    2. Untuk nilai angka, pilih Terkecil ke Terbesar atau Terbesar ke Terkecil.
    3. Untuk nilai tanggal atau waktu, pilih Terlama ke Terbaru atau Terbaru ke Terlama.
  7. Untuk mengurutkan menurut warna sel, warna font, atau ikon sel, lakukan hal ini:
    1. Di bawah Urutkan Pada, pilih Nilai.
    2. Di bawah Urutan, lakukan salah satu hal berikut ini:
    3. Di bawah Urut Pada, Warna Sel, Warna Font, atau Ikon Sel.
    4. Klik panah di samping tombol, lalu pilih warna sel, warna font, atau ikon sel.
    5. Di bawah Urutan, pilih Di Kiri atau Di Kanan.
  8. Untuk menerapkan kembali pengurutan setelah mengubah data, klik sel dalam rentang atau tabel lalu, pada tab Data, di grup Urutkan &Filter, klik Terapkan Kembali.
Catatan:  Ketika Anda mengurutkan baris yang menjadi bagian dari kerangka lembar kerja, Excel mengurutkan grup tingkat tertinggi (tingkat 1) sehingga rincian baris atau kolom tetap tergabung, bahkan jika rincian baris atau kolom disembunyikan.
Atas Halaman

Mengurutkan menurut lebih dari satu kolom atau baris

Anda mungkin ingin mengurutkan lebih dari satu kolom atau baris ketika Anda mempunyai data yang ingin dikelompokkan menurut nilai yang sama dalam satu kolom atau baris, lalu mengurutkan kolom atau baris lain dalam grup tersebut yang memiliki nilai yang sama. Misalnya, jika Anda memiliki kolom Departemen dan kolom Karyawan, pertama-tama Anda dapat mengurutkan menurut Departemen (untuk mengelompokkan semua karyawan di departemen yang sama bersama-sama), lalu mengurutkan menurut nama (untuk meletakkan nama dalam urutan abjad dalam setiap departemen). Anda bisa mengurutkan hingga 64 kolom.
Catatan: Untuk hasil terbaik, rentang sel yang Anda urutkan harus mempunyai judul kolom.
  1. Pilih rentang sel dengan dua kolom data atau lebih, atau pastikan sel aktif tersebut ada dalam tabel dengan dua kolom atau lebih.
  2. Pada tab Data, di grup Urutkan & Filter, klik Urutkan.
    Grup Urutkan & Filter pada tab Data
    Kotak dialog Urutkan akan muncul.
  3. Di bawah Kolom, dalam kotak Urutkan menurut, pilih kolom pertama yang ingin diurutkan.
  4. Di bawah Urutkan Pada, pilih tipe pengurutan. Lakukan salah satu hal berikut ini:
    • Untuk mengurutkan menurut teks, angka, atau tanggal dan waktu, pilih Nilai.
    • Untuk mengurutkan menurut format, pilih Warna Sel, Warna Font, atau Ikon Sel.
  5. Di bawah Urutan, pilih bagaimana Anda ingin mengurutkan. Lakukan salah satu hal berikut ini:
    • Untuk nilai teks, pilih A ke Z atau Z ke A.
    • Untuk nilai angka, pilih Terkecil ke Terbesar atau Terbesar ke Terkecil.
    • Untuk nilai tanggal atau waktu, pilih Terlama ke Terbaru atau Terbaru ke Terlama.
    • Untuk mengurutkan berdasarkan daftar kustom, pilih Daftar Kustom.
  6. Untuk menambahkan kolom lainnya untuk diurutkan, klik Tambahkan Level, lalu ulangi langkah tiga sampai lima.
  7. Untuk menyalin pengurutan kolom, pilih entri lalu klik Salin Level.
  8. Untuk menghapus pengurutan kolom, pilih entri lalu klik Hapus Level.
    Catatan: Anda harus menyimpan setidaknya satu entri dalam daftar.
  9. Untuk mengubah susunan pengurutan kolom, pilih entri lalu klik panah Atas atau Bawah untuk mengubah urutan.

    Entri yang lebih tinggi dalam daftar diurutkan sebelum entri yang lebih rendah dalam daftar.
  10. Untuk menerapkan kembali pengurutan setelah mengubah data, klik sel dalam rentang atau tabel lalu, pada tab Data, di grup Urutkan &Filter, klik Terapkan Kembali.
Atas Halaman

Mengurutkan menurut sebagian nilai dalam kolom

Untuk mengurutkan menurut sebagian nilai dalam kolom, seperti kode angka komponen (789 -WDG-34), nama belakang (Carol Philips), atau nama depan (Philips, Carol), Anda terlebih dahulu harus memisahkan kolom menjadi dua atau lebih banyak kolom sehingga nilai yang Anda inginkan untuk mengurutkan menurut berada dalam kolom sendiri. Untuk melakukan ini, Anda bisa menggunakan fungsi teks untuk memisahkan bagian-bagian dari sel atau Anda bisa menggunakan panduan konversi teks ke kolom. Untuk contoh dan informasi selengkapnya, lihat memisahkan teks ke dalam sel berbeda dan membagi teks ke dalam beberapa kolom dengan menggunakan fungsi.
Atas Halaman

Mengurutkan satu kolom dalam rentang sel tanpa memengaruhi yang lain

Peringatan: Berhati-hatilah saat menggunakan fitur ini. Mengurutkan satu kolom dalam rentang mungkin memberikan hasil yang tidak diinginkan, seperti memindahkan sel di kolom tersebut jauh dari sel lain dalam baris yang sama.
Catatan: Anda tidak dapat melakukan prosedur berikut ini dalam tabel.
  1. Pilih kolom dalam rentang sel yang berisi dua kolom atau lebih.
  2. Untuk memilih kolom yang ingin diurutkan, klik judul kolom.
  3. Pada tab Beranda, di grup Pengeditan, klik Urutkan & Filter, lalu klik salah satu opsi pengurutan yang tersedia.
    Kotak dialog Peringatan Pengurutan muncul.
  4. Pilih Lanjutkan dengan pilihan saat ini.
  5. Klik Urutkan.
  6. Pilih opsi mengurutkan lainnya yang Anda inginkan di kotak dialog Urutkan, lalu klik OK.
Jika hasilnya tidak seperti yang Anda inginkan, klik Batalkan Gambar tombol .
Atas Halaman

Pelajari selengkapnya tentang masalah umum pengurutan

Jika Anda mendapatkan hasil yang tidak diharapkan ketika mengurutkan data Anda, lakukan hal berikut ini:
Periksa untuk melihat apakah nilai yang dikembalikan oleh rumus telah berubah    Jika data yang diurutkan berisi satu rumus atau lebih, nilai yang dikembalikan rumus tersebut mungkin berubah ketika lembar kerja dihitung ulang. Dalam kasus ini, pastikan untuk menerapkan ulang pengurutan untuk mendapatkan hasil terkini.
Munculkan baris dan kolom yang disembunyikan sebelum mengurutkan    Kolom yang disembunyikan tidak dipindahkan ketika Anda mengurutkan kolom, dan baris yang tersembunyi tidak dipindahkan ketika Anda mengurutkan baris. Sebelum mengurutkan data, ada baiknya munculkan kolom dan baris yang tersembunyi.
Periksa pengaturan lokal    Susunan pengurutan berbeda-beda menurut pengaturan lokal. Pastikan Anda memiliki pengaturan lokal yang sesuai dalam Pengaturan Kawasan atau Opsi Kawasan dan Bahasa di Panel Kontrol dalam komputer Anda. Untuk informasi tentang mengubah pengaturan lokal, lihat Bantuan sistem Windows.
Masukkan judul kolom hanya dalam satu baris    Jika Anda membutuhkan beberapa baris label, bungkus teks di dalam sel.
Aktifkan atau nonaktifkan judul baris    Biasanya lebih baik memiliki judul baris saat Anda mengurutkan kolom untuk membuatnya lebih mudah dalam memahami arti data. Secara default, nilai dalam judul tidak disertakan dalam operasi pengurutan. Kadang-kadang, Anda mungkin harus mengaktifkan atau menonaktifkan judul sehingga nilai dalam judul disertakan atau tidak disertakan dalam operasi pengurutan. Lakukan salah satu hal berikut ini:
  • Untuk mengecualikan baris pertama data dari pengurutan karena ini merupakan judul kolom, pada tab Beranda di grup Pengeditan, klik Urutkan & Filter, klik Urut Kustom lalu pilih Data saya memiliki header.
  • Untuk menyertakan baris pertama data dalam pengurutan karena ini bukan judul kolom, pada tab Beranda di grup Pengeditan, klik Urutkan & Filter, klik Urut Kustom lalu hapus Data saya memiliki header.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar