Minggu, 12 Maret 2017

4 cara menggabungkan File PDF menjadi satu


4 Cara Menggabungkan File PDF Menjadi Satu

Portable Document Format atau yang biasa dikenal dengan PDF adalah berkas dalam sebuah format yang dikembangkan oleh Adobe Systems untuk keperluan pengiriman dokumen secara digital. Format PDF akan menampilkan file 2D yang sudah mencakup teks, gambar, atau grafik vektor 2D.
Dewasa ini, PDF adalah format file yang sangat umum digunakan. Berbagai ebook dan dokumen digital sudah menggunakan format ini. Bahkan berbagai dokumen resmi juga kini mulai beralih dari format word ke format PDF.
Sayangnya, tidak seperti dokumen word yang bisa kita ubah dengan mudah, dokumen PDF hanya bisa diedit dengan menggunakan software khusus, termasuk untuk memperkecil dan menggabungkannya menjadi satu.
Maka dari itu, kali ini Carisinyalakan mengulas beberapa cara menggabungkan file PDF. terdapat 4 metode yang bisa digunakan untuk menggabungkan beberapa file PDF menjadi satu dengan menggunakan beberapa program berikut ini.

Adobe Acrobat

cara menggabungkan file pdf adobe acrobat
Adobe Acrobat adalah softwarebesutan Adobe Systems yang digunakan untuk membuat hingga mengedit file PDF. Salah satu yang bisa Anda lakukan dengan program ini adalah menggabungkan beberapa file sekaligus. Berikut adalah cara menggabungkan file menggunakan Adobe Acrobat:
  1. Install Adobe Acrobat pada komputer Anda. Pilihlah versi Standard atau Pro, dan bukan versi trial. Beberapa komputer biasanya sudah dilengkapi dengan Adobe Acrobat. Akan tetapi, tak ada salahnya Anda menginstall versi terbaru.
  2. Buka software Adobe Acrobat, klik tombol ‘Create’ yang ada di toolbar utama. Jika Anda tidak menemukan tombol ‘Create PDF’, buka ‘View’ yang ada di toolbar, lalu pilih tombol ‘Task’ dan lanjutkan dengan memilih ‘Show All Task Buttons’
  3. Pilih menu ‘Combine Files into a single PDF..’ yang ada di dalam ‘Create’. Menu ini berfungsi untuk menggabungkan beberapa dokumen yang ada di komputer Anda menjadi satu file PDF.
  4. Klik ‘Browse’ di window yang muncul pada layar komputer Anda. Kemudian, carilah dokumen yang akan digabungkan dalam satu file PDF. Klik ‘OK’ dan dokumen yang dipilih akan tersalin ke kotak putih sebelah kanan
  5. Sortir dokumen yang sudah dipilih sesuai urutan. Di sini, Anda dapat menggunakan tombol ‘Remove’, ‘Move up’, dan ‘Move Down’ untuk merapikan data. Hilangkan pula tanda centang di sebelah tulisan ‘Include all open PDF files’ jika Anda tidak ingin menggunakan file PDF yang pernah Anda buka sebelumnya
  6. Setelah dokumen sudah diurutkan, klik ‘Combine Files’ dan tekan ‘OK’
  7. Proses penggabungan dokumen menjadi satu file PDF telah selesai, kini saatnya Anda menyimpan file PDF di ‘Save As..’ dengan nama yang Anda inginkan

Icecream PDF Split & Merge

Ini adalah aplikasi yang tidak dikembangkan oleh Adobe Systems. Namun, aplikasi ini cukup efektif untuk menyatukan dokumen untuk membentuk satu file PDF. Ini adalah langkah-langkah menggabungkan PDF dengan aplikasi Icecream PDF Split & Merge:
  1. Unduh terlebih dahulu aplikasiIcecream PDF Split & Merge dan install ke komputer Anda. Pada saat menginstall aplikasi ini, jangan lupa untuk menghilangkan tanda centang pada pilihan opsi instalasi perangkat lunak yang Anda inginkan.
  2. Buka aplikasi ini, lalu klik tombol ‘Add File’ dan pilih dokumen yang akan digabungkan.
  3. Sortir dokumen yang sudah dipilih sesuai dengan urutan yang Anda inginkan dengan menggunakan tombol ‘Up’ atau ‘Down’ yang ada di samping kanan. Anda pun bisa menambahkan kata sandi untuk memperoteksi berkas yang sudah digabungkan ini.
  4. Ketika Anda merasa sudah selesai merapikan dokumen, klik ‘Merge’ untuk menggabungkan semua dokumen menjadi satu file PDF.

Smallpdf.com

Cara menggabungkan file PDF selanjutnya dapat dilakukan secara online. Pasalnya, Anda akan membuat file PDF melalui suatu situs bernama smallpdf.com. Berikut adalah cara membuat PDF melalui situs ini:
  1. Masuk ke browser yang Anda di komputer Anda, lalu kunjungi link smallpdf.com
  2. Pilih dokumen yang ingin digabungkan, klik dan tahan pada dokumen tersebut, lalu seret berkas ke jendela berwarna abu-abu bertuliskan ‘Drop PDF Here’ yang ada di laman situs tersebut
  3. Sunting berkas Anda sesuai dengan urutan yang diinginkan
  4. Apabila Anda sudah selesai merapikan dokumen sesuai dengan urutan, klik tombol ‘Merge PDF!’ yang ada di bagian bawah. Jika ingin menyimpan file di komputer Anda, download file yang Anda buat tersebut

Nitro PDF

Nitro PDF adalah sebuah softwareyang dirancang untuk membuat dan menyunting file PDF. Sayangnya, aplikasi ini berbayar. Akan tetapi, Anda bisa memanfaatkan versi trial dari Nitro PDF untuk mencoba aplikasi ini. Berikut adalah cara menggunakan Nitro PDF:
  1. Unduh Nitro PDF terlebih dahulu. Di sini, Anda akan mendapatkan versi trial yang bisa digunakan selama 14 hari. Ketika masa percobaan ini sudah habis, Anda harus membeli aplikasi ini jika tetap ingin menggunakannya.
  2. Buka aplikasi Nitro PDF pada komputer Anda.
  3. Pilih dokumen yang ingin digabungkan dalam file PDF. Tekat shift+klik kiri pada semua dokumen yang Anda pilih. Pindahkan file tersebut dalam suatu folder agar Anda lebih mudah mencarinya.
  4. Masuk kembali ke aplikasi Nitro PDF dan buka folder berisi dokumen yang ingin digabungkan melalui aplikasi ini dengan memilih menu ‘Combine Files in NitroPDF’
  5. Rapikan dokumen yang Anda pilih dengan menyortirnya sesuai urutan. Gunakan tombol ‘Move Up’ dan ‘Move Down’ untuk menaikkan atau menurunkan urutan dokumen.
  6. Pilih kualitas terbaik untuk dokumen Anda di ‘Make PDF Files’. Kami menyarankan Anda untuk memilih Print Ready (Larger File Size).
  7. Simpan dokumen Anda di kotak ‘Save PDF to..’ dan pilihlah lokasi penyimpanan.
  8. Lanjutkan dengan memilih ‘Create’, maka file PDF Anda selesai dibuat.
Nah, tidak sulit kan berbagai cara menggabungkan file PDF di atas? Anda tidak perlu ke warnet untuk melakukan ini. Pasalnya, Anda bisa menggabungkan file PDF sendiri dengan mudah tanpa perlu meminta bantuan orang lain.
Menggabungkan beberapa file pdf sangat berguna untuk merapikan file-file yang berantakan di hard disk meskipun ukurannya akan bertambah besar.

1 komentar: